Translate

Selasa, 04 Desember 2012

Sejarah TIK : Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

.
Sejarah Teknologi Informasi dan Perkembangan Komputer
Sejarah Teknologi Informasi
Sejak jaman dahulu manusia selalu menyampaikan informasinya melalui berbagai media. Ada 3 cara dalam menyampaikan informasi yaitu
1. Natural / Manusia
Penyampaian informasi masih menggunakan tangan manusia.
2. Mekanis
Penyampaian informasi dilakukan menggunakan peralatan yang berbentuk mekanik dan digerakkan oleh tangan manusia.

 
3. Elektronis
Penyampaian informasi dilakukan menggunakan peralatan yang bekerja secara elektronik.
Bentuk – bentuk penyampaian informasi sejak jaman dahulu sampai sekarang beragam caranya. Mulai dari sebuah gambar di dinding, kertas, sampai melalui internet. Ada beberapa contoh yang sering kita ketahui berdasarkan cara penyampaian informasinya, yaitu
1. Natural
a) Purba : Biasanya berupa goresan – goresan atau gambar pada batu atau dinding goa.
b) Cina, Mesir, Romawi : Menggunakan alat seperti abacus atau suan pan dan jari tangan serta menggunakan media seperti lempung dan kertas.
2. Mekanis
a) Abad 17-18 :
1) Pascaline – Blaise Pascal (1642)
2) Difference & Analytical Engine – Charles Bagake (1890)
b) Abad 19 :
Kartu Perforasi – Hollerith (1889)
3. Elektronis
Merupakan perkembangan komputer. Mulai dari Komputer generasi I, II, III, IV, V, … dst.
Perkembangan Komputer
1. Komputer Generasi Pertama
Merupakan komputer pertama yang diciptakan untuk tujuan saintifik saja. Menggunakan tabung hampa udara yang berukuran seperti mentol lampu kecil yang berukuran sangat besar. Salah satu contoh komputer generasi pertama adalah UNIVAC II yang dibuat oleh Sperry Rand-Univac. Komputer generasi pertama memiliki cirri-ciri sebagai berikut :
a) Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya
b) Program hanya dapat digunakan dengan menggunakan bahasa mesin Assembler
c) Ukuran fisik komputer yang terlalu besar, sehingga memerlukan tempat yang sangat luas
d) Cepat panas dan memerlukan daya listrik yang besar
e) Proses kurang cepat dan kapasitas penyimpanannya sangat kecil
f) Berorientasi pada aplikasi bisnis
2. Komputer Generasi Kedua
Komputer generasi kedua ini menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor lebih baik daripada vacuum tube karena tidak mudah terbakar. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Cara baru untuk menyimpan memori yang diperkenalkan adalah teras magnetik. Teras magnetik menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 yang dibuat oleh Sperry Rand-UNIVAC. Ciri-ciri computer generasi kedua adalah sebagai berikut :
a) Sirkuitnya terbuat dari transistor
b) Pemrograman dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN, COBOL dan ALGOL
c) Kapasitas memori sudah cukup besar dan prosesnya sudah lebih cepat
d) Ukuran fisik sudah lebih kecil daripada komputer generasi pertama
e) Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
f) Berorientasi pada bisnis dan teknik
3. Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga lebih banyak sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Intergrated Circuit (lebih dikenal dengan IC) merupakan satu rangkaian elektronik lengkap dalam satu chip silikon yang kecil. Digunakan pertama kali pada tahun 1965. Satu IC mampu menggantikan  puluhan, ratusan transistor, di mana IC tersebut lebih kecil bentuknya daripada transistor tersebut. Beberapa contoh komputer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109 dan UNIVAC 9000. Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
a) Menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai komponennya
b) Pemrosesan lebih cepat dan kapasitas memori lebih besar
c) Bentuk fisik lebih kecil dan harganya murah
d) Peningkatan Software
e) Penggunaan listrik lebih hemat
4. Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi keempat dikarakteristikkan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Karena setelah IC. Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Salah satu contoh komputer generasi keempat adalah Apple II. Ciri-ciri dari komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
a) Menggunakan LSI (Large Scale Integration)
b) Dikembangkan komputer mikro yang menggunakanmicroprosessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk sebuah memori komputer
5. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.
6. Komputer Generasi Keenam
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
7. Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.
Klasifikasi Komputer
Klasifikasi komputer yang ada saat ini adalah
1. Supercomputer
Superkomputer adalah jenis computer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer yang terkenal adalah Cray (Cray Research, Inc).
2. Mainframe
Mainframe merupakan jenis computer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
3. Workstation
Workstation adalah jenis computer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya workstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis grafis  seperti CAD, tetapi belakangan juga banyhak dipakai sebagai server dalam client/server. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama dalam produksi workstation adalah DEC, IBM, dan Sun Microsystems.
4. Microcomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau computer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat dibedakan menjadi desktop Pc, tower PC, laptop, notebook, palmtop, PDA.
5. Microcontroller
Mikrokontroller adalah mikroprosesor khusus yang berukuiran kecil yang biasa dipasang pada peralatan-peralatan elektronis cerdas, mobil, dan barang yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar